en id

SAMBUT LIBUR LEBARAN LIA OPERASIKAN AREA SELASAR, PICK UP DAN DROP ZONE

07 Jun 2018

kembali ke list


Praya – Pada tahun 2017 jumlah penumpang di Lombok International Airport mencapai 3.589.812 pax. Jumlah ini meningkat 5 persen dibandingkan tahun 2016. Sedangkan kapasitas bandara saat ini 3.250.000 pax per tahun. Tentunya denga jumlah ini sudah melebihi kapasitas bandara. Maka dengan itu Lombok International Airport telah menyiapkan program pekerjaan untuk peningkatan fasilitas dan kapasitas penumpang. Salah satunya adalah pembangunan area selasar untuk para penumpang. 

Sejak November 2017 Lombok International Airport mulai membangun selasar, pick up dan drop zone seluas 120 m x 21 m dan telah rampung pada akhir Mei 2018. Pengoperasian selasar pick up dan drop zone ini di mulai pada hari Kamis 7 Juni 2018.  

Flow penumpang dan kendaraan pun ikut berubah dengan adanya selasar, pick up dan drop zone yang baru. Kini pintu keluar sisi timur telah ditutup sehingga penumpang yang keluar dari area kedatangan dapat menggunakan pintu tengah menuju area selasar dan pick up zone. Sedangkan untuk penumpang keberangkatan dapat menggunakan sisi barat terminal sebagai area drop zone serta pintu masuk kedatangan.

Untuk flow kendaraan kini akan berubah total dari sebelumnya. Area parkir kendaraan roda dua telah kami pidahkan sejak awal tahun lalu berada di sisi barat parkir eksisting. Kini kendaraan roda dua akan masuk dengan jalan yang sama dengan roda empat namun akan berbelok ke sisi barat di mana area parkir kendaraan roda dua yang telah disediakan. Sedangkan untuk kendaraan roda 4 dan Bus tetap menggunakan jalan masuk yang sama seperti sebelumnya dan dapat menurunkan penumpang di area drop zone yang berada disisi barat terminal. Kemudian untuk penjemputan penumpang untuk kendaraan umum dan land transportation resmi bandara dapat menggunakan sisi barat selasar sebagai pick up zone. Untuk kendaraan travel, bus dan hotel dapat menggunakan sisi timur selasar.

“Kami berharap dengan beroperasinya selasar ini dapat meningkatan kenyamaan para penumpang di Lombok International Airport. Terlebih lagi saat ini kita akan segera memasuki arus mudik lebaran tentunya kami ingin memberikan kenyamanaan untuk para penumpang yang melaksanakan mudik lebaran tahun ini. Sebelumnya kami juga telah mengoperasikan lantai 3 sebagai ruang tunggu baru sebagai antisipasi lonjakan penumpang yang telah berlangsung sejak April 2018,” Ujar I Gusti Ngurah Ardita General Manager