en id

Berita

Menko Airlangga: Bandara Lombok Saat Ini Jauh Lebih Megah

14 Oct 2021

kembali ke list


Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto meninjau Bandara Lombok, Kamis (14/10/2021). Airlangga Hartarto melihat secara langsung kesiapan infrastruktur bandara terbesar di NTB ini dalam menyambut gelaran World Superbike (WSBK) 2021 yang akan diselenggarakan pada 19-21 November 2021 mendatang di Mandalika, Lombok, NTB.

"Kondisi Bandara Lombok saat ini jauh lebih megah dengan kapasitasnya yang bisa menampung tujuh juta penumpang per tahun, atau dua kali lipat dari sebelumnya," ujar Menko Airlangga.

Pengembangan Bandara Lombok yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dilakukan untuk mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika serta berbagai kegiatan berskala internasional yang akan di gelar di Mandalika, Lombok, NTB.

"Bandara Lombok siap menyambut kedatangan peserta, official, dan penonton ajang balap motor WSBK 2021 seiring dengan telah selesainya pengembangan bandara, mulai dari perluasan terminal penumpang, perluasan apron, perpanjangan runway, serta pengembangan fasilitas kargo," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Terminal penumpang Bandara Lombok saat ini menjadi seluas 43.501 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun, dari sebelumnya yang hanya seluas 24.123 meter persegi dengan kapasitas 3,25 juta penumpang per tahun.

"Apron Bandara Lombok kini bisa menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body. Sedangkan runway-nya siap untuk mendukung operasional pesawat berbadan lebar sekelas Boeing 777. Selain itu, runway sepanjang 3.300 meter yang dimiliki Bandara Lombok merupakan runway terpanjang nomor lima di Indonesia," imbuh General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati.

Sedangkan fasilitas kargo untuk mendukung arus logistik WSBK 2021 berupa akses jalan sepanjang 1.500 meter dan pelataran kargo seluas 6.000 meter persegi yang dapat menampung sebanyak 40 truk kargo.

"Angkasa Pura I berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan di berbagai bandara yang dikelola, termasuk salah satunya melalui pengembangan Bandara Lombok ini. Bandara ini merupakan infrastruktur strategis untuk mendukung pengembangan Destinasi Super Prioritas Nasional Mandalika serta kegiatan-kegiatan berskala internasional yang digelar di sini, seperti World Superbike dan MotoGP," kata Faik Fahmi. []