en id

BANDARA LOMBOK KEMBALI GELAR PELAYANAN KESEHATAN KELILING UNTUK MASYARAKAT LINGKAR BANDARA

03 Mar 2020

kembali ke list


Praya, 3 Maret 2020 – Bandara Internasional Lombok (BIL) mulai Maret 2020 ini akan kembali menggelar pelayanan kesehatan keliling untuk masyarakat yang berada di sekitar bandara. Untuk melaksanakan program ini, pihak BIL menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Tengah, yang ditandai dengan perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak di Kantor Cabang Angkasa Pura I BIL, Selasa (3/3/2020) pagi. 

"Pelayanan kesehatan keliling ini merupakan wujud kepedulian kami untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat di sekitar bandara. Masyarakat juga akan lebih mudah mendapatkan pelayanan kesehatan, khususnya untuk ibu, anak, balita, dan kaum jompo," ujar General Manager Bandara Internasional Lombok Nugroho Jati.

Daerah sasaran program pelayanan kesehatan keliling adalah masyarakat yang berada dalam wilayah operasional empat puskesmas yang berdekatan dengan wilayah operasional BIL. Keempat puskesmas yang akan menjadi pelaksana teknis tersebut adalah Puskesmas Sengkol, Puskesmas Penujak, Puskesmas Batujai, dan Puskesmas Batunyala. 

Pelayanan kesehatan keliling ini akan dilaksanakan mulai Maret hingga Oktober 2020, dengan target pelaksanaan seminggu dua kali atau delapan kali dalam sebulan. Program kesehatan keliling ini menyediakan layanan pemeriksaan kesehatan ibu hamil, penimbangan dan pengukuran balita, peningkatan gizi ibu, anak dan wanita hamil resiko tinggi, pemulihan gizi buruk pada ibu dan anak, pemeriksaan gizi, serta pemeriksaan mata dan pengobatan bagi masyarakat umum secara gratis. 

"Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat secara signifikan bagi masyarakat lingkar bandara. Kegiatan ini juga sejalan dengan semangat untuk mewujudkan SDM unggul Indonesia maju," imbuh Nugroho Jati. 

Sebagai informasi, pelayanan kesehatan keliling merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial Angkasa Pura I kepada masyarakat di sekitar bandara dan telah dilakukan sejak 2011. Kegiatan sosial yang telah dan akan dilaksanakan BIL adalah operasi katarak serta pembagian 3000 unit kacamata baca gratis di lima desa dan satu kelurahan di sekitar bandara. []