en id

Bandara Lombok Gelar Upacara HUT ke-76 RI di Bawah Laut Senggigi

17 Aug 2021

kembali ke list


PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Lombok bersama beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ada di NTB yaitu BNI, Taspen, Kimia Farma, Telkom Indonesia, dan Garuda Indonesia serta TNI-AD menggelar upacara peringatan HUT ke-76  Republik Indonesia di bawah laut Senggigi, Lombok Barat, NTB. Sebanyak 20 penyelam mengibarkan bendera merah putih pada kedalaman tujuh meter.

Menurut General Manager Bandara Lombok Nugroho Jati yang dalam upacara tersebut bertindak selaku Komandan Upacara dan pembaca teks Proklamasi, kegiatan peringatan HUTRI di bawah laut yang berlangsung selama 50 menit ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Selain untuk memupuk rasa kebangsaan, dalam kegiatan ini kami juga mengadakan kegiatan pelestarian lingkungan dengan melakukan pengecekan terumbu karang yang sebelumnya ditanam di lokasi ini pada akhir tahun 2020 lalu melalui program CSR Bandara Lombok. Hasilnya, terumbu karang di area Senggigi Coral Garden ini tumbuh dengan baik dan subur,” imbuh Jati.

Uniknya, sebelum kegiatan upacara HUT RI bawah laut ini, pada penyelaman sebelumnya digelar pula permainan khas 17 Agustusan di bawah laut. Para penyelam melakukan permainan tebak kata, memindahkan bendera, memindahkan bola, hingga mengikuti lomba tarik tambang.

Dipilihnya Senggigi sebagai lokasi upacara pengibaran bendera merah putih dalam momentum HUT RI ke-76 ini karena kawasan ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah mendunia. Pantai Senggigi memiliki air laut yang jernih dan punya keindahan bawah laut yang memukau. “Peringatan kemerdekaan di bawah laut Senggigi ini juga merupakan momentum untuk membangkitkan kembali pariwisata Lombok yang saat ini terpuruk dihantam pandemi”, katanya. 

Upacara pengibaran bendera di dasar laut ini merupakan yang kedua kalinya diadakan oleh Bandara Lombok. Pada tahun 2020 lalu, upacara peringatan HUT ke-75 RI digelar di Pantai Kecinan, Lombok Utara, berkolaborasi dengan Pangkalan TNI AL (Lanal) Mataram dan Korem 162/Wira Bhakti.  []