en id

Berita

Bandar Udara Selaparang Dibuka Kembali Hari Ini

07 Apr 2014

kembali ke list


MATARAM - Bandar Udara Selaparang di Mataram, Nusa Tenggara Barat yang telah ditutup sejak 1 Oktober 2011, resmi dibuka kembali oleh PT. Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola bandara tersebut mulai hari ini, Senin 7 April 2014. Peresmian penggunaan kembali Bandar Udara Selaparang dilakukan oleh Operation Director Angkasa Pura I (Persero) Yushan Sayuti dan disaksikan oleh Walikota Mataram H. Ahyat Abduh dan General Manager Bandar Udara Internasional Lombok (BIL) Pujiono.


"Bandara Selaparang ini pada tahap awal akan dimanfaatkan untuk keperluan sekolah penerbangan. Ada dua sekolah penerbangan yang akan menjadikan bandara ini sebagai lokasi pendidikan, yaitu Bali International Flight Academy (BIFA) dan Lombok Institute Flight Technology (LIFT)," ujar Yushan Sayuti.


Menurut Yushan, pemanfaatan kembali lahan bekas bandara dengan luas sekitar 68 hektare itu merupakan bentuk tanggung jawab PT. Angkasa Pura I (Persero) dalam mengelola aset yang dimiliki untuk kemajuan kota Mataram dan provinsi Nusa Tenggara Barat. Ke depan, bekas bandara ini tidak hanya akan difungsikan sebagai sekolah penerbangan, melainkan akan dijadikan sebagai eco airport kelas dunia sekaligus sebagai pencetak sumber daya manusia (SDM) bidang penerbangan yang handal. Selain itu, dengan dibukanya kembali Bandar Udara Selaparang ini diharapkan dapat memacu pertumbuhan ekonomi dan mendukung pariwisata di kota Mataram.


"Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, di NTB akan banyak taruna/taruni penerbangan yang handal. Selain itu, hal ini juga akan berdampak pada peningkatan pendapatan daerah melalui jasa perhotelan, kuliner, serta pariwisata. Dengan demikian investor pun dengan sendirinya akan berdatangan," imbuh Yushan. Dalam kesempatan ini dilakukan penerbangan dan pendaratan pesawat latih yang dilakukan oleh pilot dari BIFA dan LIFT sebagai tanda dibukanya kembali Bandar Udara Selaparang. [Corporate Communication]


Berikut dokumentasi acara pengoperasian kembali Bandar Udara Selaparang Mataram :








[LOP.Communication]