en id

News

PT ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK GELAR RAPAT PERTEMUAN AIRPORT SECURITY COMMITTEE KE-3 DAN AIRPORT EMERGENCY COMMITTEE

11 Oct 2019

kembali ke list


Praya, 10 Oktober 2019 – Dalam rangka persiapan keamanan dan peningkatan keselamatan penerbangan, PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Lombok mengadakan rapat pertemuan Airport Security Committee (ASC) ke-3 dan Airport Emergency Committee (AEC). Rapat tersebut dihadiri oleh Kabag Ops. BIN Daerah, Kasubsektor BIL, Kadis Ops. Lanud ZAM Mataram, Pasi Ops. Kodim 1620 Lombok Tengah, Bea Cukai Mataram, Kantor Imigrasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Mataram, Balai Karantina Pertanian Kelas I Mataram, Kasi Ops. SAR NTB, Perum LPPNPI Lombok, BMKG Bandar Udara Internasional Lombok, PT. Garuda Indonesia, PT. Lion Air, PT. NAM Air, PT. Silk Air, PT. Gapura Angkasa, PT. PTN, PT. Kokapura, Jaster PT. AP Log, Jaster PT. KMSI, PT. Aerofood ACS Lombok, PT. Parewa Aero Catering, dan, BIFA Flying School.

Kegiatan rapat pertemuan Airport Security Committee ke-3 dan Airport Emergency Committee berlangsung di Ruang Rapat Rinjani Bandar Udara Internasional Lombok, Praya pada pukul 09.30 WITA. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari Sekertaris Airports Security Committee sekaligus moderator acara, I Made Japa yang juga bertugas sebagai Airport Security and Safety Department Head di PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Lombok. I Made Japa menyampaikan bahwa terdapat perbedaan pada rapat ASC pada kali ini dibandingkan dengan triwulan sebelumnya karena rapat ASC kali ini digabung dengan rapat AEC. Walaupun kedua rapat digabung, hal tersebut tidak mengurangi esensi dan tujuan dimana anggota komite baik ASC dan AEC rata – rata berasal dari institusi serta stakeholder yang sama.

Selanjutnya, ketua Aiport Security Committee yang diwakili Airport Operation Department Head, Misranedi, menyampaikan bahwa pelaksanaan ASC dan AEC pada kali ini sengaja digabung untuk mengefektifkan kegiatan. Selain itu, dalam pelaksanaan PKD 104 di Bandar Udara Internasional Lombok, tim ASC dan AEC mendapatkan nilai yang bagus dari juri dengan beberapa catatan. Rapat kali ini juga membentuk kelompok kerja (Pokja) untuk penyesuaian prosedur pada masing – masing stakeholder agar tidak terjadi benturan dalam pelaksanaan tugas.

Pada penghujung rapat, dipaparkan latar belakang dan prosedur pelaksanaan pemusnahan prohibited items dan dilanjutkan dengan melakukan pemusnahan terhadap barang tersebut. Adapun pemusnahan terhadap barang terlarang dan barang temuan yang di musnahkan sebagai berikut:

1.            Korek Api berjumlah 19.528

2.            Gunting berjumlah 6.720

3.            Silet atau Pemes berjumlah 1.112

4.            Pisau atau Cutter berjumlah 617

5.            Paku, Mur, Baut berjumlah 568

6.            Power Bank berjumlah 429

7.            Selongsong Peluru berjumlah 105

8.            Avtur sebanyak 2 liter

9.            Minyak Obat (LAG’s) sebanyak 2 liter

10.          Kit (spray semir ban) (LAG’s) sebanyak 1 botol

Pemusnahan dilakukan secara simbolis oleh perwakilan anggota ASC. Kegiatan selesai pada pukul 11.25 WITA dan ditutup oleh I Made Japa. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan persiapan keamanan dan keselamatan penerbangan serta meningkatkan sinergi pihak – pihak terkait keamanan dan keselamatan penerbangan

Communication and Legal Section Head Lombok International Aiport

I NYOMAN SIANG

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contact Person: I Nyoman Siang (Communication and Legal Section Head Lombok International Airport) | HP: 0811-3954-503 | e-mail: i.siang@ap1.co.id

Tentang PT Angkasa Pura I (Persero)

PT Angkasa Pura I (Persero) merupakan salah satu BUMN pengelola bandara di Indonesia. Angkasa Pura I mengelola 14 bandara, yaitu Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Bandara Frans Kaisiepo Biak, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Ahmad Yani Semarang, Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Bandara Adi Soemarmo Surakarta, Bandara Internasional Lombok Praya, Bandara Pattimura Ambon, dan Bandara El Tari Kupang. Angkasa Pura I juga mempunyai lima anak perusahaan, yaitu PT Angkasa Pura Logistik, PT Angkasa Pura Properti, PT Angkasa Pura Suport, PT Angkasa Pura Hotel, dan PT Angkasa Pura Retail. Informasi tentang Angkasa Pura I dapat dilihat di www.ap1.co.id.

Facebook            : www.facebook.com/angkasapura.airports

Twitter                 : @AP_airports

YouTube              : www.youtube.com/angkasapuraairports

Instagram            : @ap_airports

Call Center          : 172