en id

PENANDATANGANAN NOTA KESEPAHAMAN (MOU) ANTARA PT ANGKASA PURA I (PERSERO) & UNIVERSITAS MATARAM TENTANG PENYELENGGARAAN PROGRAM PENDIDIKAN DIPLOMA III JURUSAN PARIWISATA MATARAM.

19 Jun 2019

kembali ke list


Mataram – Rabu (19/5) Pukul 09.00 WITA bertempat di Ruang Sidang Rektor Gedung Rektorat Universitas Mataram telah diselenggarakan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) tentang Penyelenggaraan Program Pendidikan Diploma III Jurusan Pariwisata Mataram. Penandatanganan dihadiri oleh Rektor Universitas Mataram, General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Lombok International Airport, Pejabat di lingkungan universitas mataram, pejabat LIA, dan para tamu undangan.

Seperti yang diketahui bahwa PT Angkasa Pura I (Persero) merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang kegiatan pengusahaan di bandar udara yang saat ini mengelola 14 (empat belas) bandara di kawasan tengah dan timur Indonesia. Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya, PT Angkasa Pura I (Persero) telah merumuskan visi perusahaan yang tertuang dalam Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) 2019-2023, yaitu: “Connecting The World Beyond Airport Operator with Indonesian Experience

dimana salah satu upaya untuk mewujudkannya dengan memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat dan lingkungan. Lebih spesifik lagi, kontribusi perusahaan tersebut dituangkan ke dalam Program Bina Lingkungan (BL) di sektor pendidikan dengan memberikan “Beasiswa Pendidikan Diploma (DIII) bagi siswa/i berprestasi di sekitar wilayah kerja PT Angkasa Pura I (Persero)”.

Kami menyadari bahwa pendidikan merupakan komponen yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas individu agar dapat menjadi pribadi yang mandiri, berdaya saing, berwawasan luas, dan berakhlak mulia. Berdasarkan hal tersebut, maka PT Angkasa Pura I (Persero) menyelenggarakan program beasiswa ini dengan harapan dapat membantu meningkatkan taraf hidup bagi keluarga siswa/siswi terpilih dengan memberikan bekal pendidikan yang berkualitas. Adapun sasaran penerima beasiswa ini adalah siswa/siswi dari lulusan SMA/SMK yang berprestasi serta berada di wilayah kerja PT Angkasa Pura I (Persero).

Melalui pendidikan yang akan ditempuh nantinya, penerima beasiswa ini diharapkan dapat memiliki kompetensi yang memadai baik sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap/attitude dalam bidang Pelayanan, Komunikasi, Bahasa Inggris, dan tentunya bidang Kebandarudaraan, sehingga nantinya siap bekerja sebagai personil operasional di bandara. Seluruh kompetensi dimaksud dikemas dalam mata kuliah yang diberikan pada Jurusan Pariwisata dengan Konsentrasi Kebandarudaraan yang pelaksanaannya akan bekerjasama dengan Universitas Mataram.

Pemilihan Universitas Mataram sebagai tempat pelaksanaan pendidikan bagi peserta penerima beasiswa ini mempertimbangkan bahwa Universitas Mataram adalah salah satu universitas di Indonesia yang telah memiliki pengalaman yang sangat panjang sejak berdiri tahun 1962 dalam mendidik mahasiswa/mahasiswi-nya untuk dapat memiliki kompetensi memadai yang dibutuhkan di dunia kerja. Disamping itu, pemilihan Universitas Mataram mempertimbangkan lokasinya yang masih berada di wilayah kerja PT Angkasa Pura I (Persero), yaitu Bandara Internasional Lombok dan Eks Bandara Selaparang, sehingga lebih mudah dalam melakukan kordinasi dan komunikasi dalam pelaksanaannya.   

Humas LIA