en id

News

Bandara Lombok Siap Dukung Kelancaran Event WSBK 2022 & KTT G20

09 Nov 2022

kembali ke list


Praya, 09 November 2022 - PT Angkasa Pura I Bandara Lombok berkomitmen mendukung penuh perhelatan event internasional WSBK 2022 di Mandalika serta KTT G20 di Bali.

“Bentuk dukungan tersebut antara lain dengan telah dituntaskannya berbagai pengembangan secara kapasitas maupun daya dukung infrastruktur dan fasilitas Bandara Lombok, mulai dari runway, apron, terminal penumpang, hingga fasilitas kargo. Secara keseluruhan, infrastruktur dan fasilitas Bandara Lombok siap untuk mendukung pelaksanaan kegiatan WSBK 2022 & KTT G20,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan.

Sedangkan di sisi udara (air side), Bandara Lombok telah mengalokasikan 4 parking stand pesawat narrow body atau 2 parking stand pesawat wide body untuk delegasi KTT G20, 4 parking stand pesawat TNI AU pengamanan KTT G20, 2 parking stand pesawat wide body pengangkut logistik WSBK, serta 10 parking stand untuk penerbangan regular.

“Untuk personel di Bandara Lombok, kami menyiapkan sebanyak 119 personel internal. Sementara dari pihak eksternal, terdapat 110 personel keamanan dari TNI AU,TNI AD, Polres, dan Brimob, termasuk Satgas Evakuasi,” imbuh Rahmat Adil Indrawan.

Selain itu, untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan WSBK 2022 dan KTT G20, dioperasikan Posko Monitoring Terpadu di Bandara Lombok. Posko ini terdiri dari unsur Angkasa Pura I, Otoritas Bandara Wilayah IV, TNI AU, TNI AD, Polri, Perum LPPNPI, Bea Cukai, Imigrasi, KKP, Gapura Angkasa, Pertamina, dan ACS.

Terkait operasional bandara, mulai 12 hingga 18 November 2022 Bandara Lombok melakukan penyesuaian waktu operasional bandara menjadi 24 jam, dari yang saat ini hanya 14 jam, yaitu pukul 06.00 sampai 20.00 WITA.

“Berbagai upaya yang kami lakukan ini diharapkan dapat mendukung kelancaran event WSBK 2022 dan KTT G20. Kami siap untuk memberikan pelayanan yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan di Bandara Lombok,” kata Rahmat Adil Indrawan. []